» Tanah Abang makin 'Amburadul', PKL Menjamur, Sopir Angkot Mogok Ancam Demo, Ini Respon Santai Sandiaga
Jika suka, jangan lupa untuk bagikan ya!
Article information
  • Tanggal: 24-12-2017, 17:36
24-12-2017, 17:36

"Tanah Abang makin 'Amburadul', PKL Menjamur, Sopir Angkot Mogok Ancam Demo, Ini Respon Santai Sandiaga"


Tanah Abang makin 'Amburadul', PKL Menjamur, Sopir Angkot Mogok Ancam Demo, Ini Respon Santai Sandiaga

Penerapan konsep penataan Pasar Tanah Abang menuai pro dan kontra di masyarakat. Banyak yang menilai memberikan tempat berjualan di badan jalan melanggar Undang-Undang Nomor 38 tahun 2004 pasal 12 tentang Jalan.

Bukan hanya itu, sopir angkutan umum atau angkot juga merasa keberatan atas penutupan Jalan Jatibaru yang menjadi lokasi PKL berjualan. Banyak sopir angkot yang berencana untuk mogok dan demo karena penghasilannya semakin merosot tajam.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengakui menerima semua masukan-masukan tersebut. Ia mengatakan ini bukan penutupan jalan tetapi hanya rekayasa lalu lintas.

Dia juga telah memikirkan agar penataan ini tidak berdampak pada penurunan omzet para sopir angkot, di mana PKL ini berjualan dibatasi mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Setelah itu jalan akan dibuka dan semua kendaraan termasuk angkot bila kembali melintas.

"Pasti tentunya setelah ada masukan dari teman-teman angkot kita akan pastikan kan kita enggak mau juga teman-teman angkot itu kehilangan omzetnya karena kebijakan ini," katanya di Jakarta, Sabtu (23/12).

Lanjutnya, konsep ini diklaim sudah mengembalikan fungsi trotoar untuk memuliakan pejalan kaki. "Bagaimana teman-teman PKL yang selama ini mengeluhkan omsetnya sekarang sudah kita pantau," katanya.

Dia berharap kepada semua pihak untuk tidak berkomentar yang negatif. Karena penataan ini baru berjalan dua hari dan dia akan terus melakukan evaluasi.

"Ini terlalu dini untuk kita komentari sekarang. Jadi seminggu ke depan kita akan lihat data-datanya. Semua kebijakan kita berbasis data, dan semua terkompilasi di Jakarta Smart City," ujarnya.

Dan dia meminta kepada seluruh warga Jakarta untuk mendukung dan memberikan kesempatan kepada dirinya dan Anies terkait penataan Tanah Abang.

"Karena ini kan baru dua hari. Masih panjang, dan kita sabar melihatnya dan kita beri kesempatan penataan ini. Mudah-mudahan bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat," ujarnya. [eko]


Artikel ini disalin dari:
https://www.merdeka.com/jakarta/soal-tanah-abang-sandi-klaim-kembalikan-fungsi-trotoar-buat-pejalan-kaki.html
Loading...
Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.
^